Sejarah Manchester United

5-manchester-unitedManchester United bisa dibilang klub terbaik di dunia, tetapi klub berharga jutaan ponds ini dimulai dengan nama Newton Heath L&YR Football Club, di tahun 1878, ketika perserikatan tim buruh Lancashire dan Yorkshire Railway berkumpul di Newton Heath.

Mereka bermain di atas lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta Manchester Piccadilly selama lima belas tahun, dan kemudian tahun 1893 mereka pindah ke kota terdekat, Clayton. Di tahun 1902 tempat ini kemudian ditutup ketika Manchester United nyaris diusir dari liga karena utang sebanyak dua ribu lima ratus ponds, tapi syukurnya sebelum klub itu bangkrut mereka menerima investasi besar-besaran dari JH Davies, direktur dari pengusaha minuman Manchester.

Pembelian besar pertama Manchester United adalah Charlie Roberts dari Grimsby Town sebesar 750 ponds di bulan April 1904, mereka meyakini bahwa pembelian ini membantu Manchester United merangsek ke urutan ketiga musim berikutnya. Di musim 1905-06 Manchester United akhirnya dipromosikan ke Divisi Utama, di mana dua tahun kemudian mereka menjadi juara untuk kali pertama.

Tanggal 19 Februari, Manchester United memainkan laga pertamanya di Old Trafford Stadium, pertandingan pertama itu terlihat mudah, mengalahkan Liverpool 3-0 sebelum turun minum, dan akhirnya justru kalah 4-3, mereka mengakhiri musim itu tanpa trofi, dan dalam sepuluh tahun berikutnya klub mulai menurun sampai akhirnya tahun 1922 mereka kembali didegradasi ke Divisi Dua.

Tiga musim sebelum Perang Dunia II, Manchester United kembali dipromosikan, kemudian didegradasi, kemudian dipromosikan lagi, memberikan mereka satu tempat di divisi utama setelah perang berakhir.

Di musim 1956/57, Manchester United menjadi tim pertama Inggris yang berkompetisi di Piala Eropa, dan inilah kompetisi di mana Manchester United mencatatkan kemenangan terbesar mereka sampai saat ini, mengalahkan tim asal Belgia 10-0 sebelum tersingkir di semi final oleh Real Madrid.

Tragedi melanda di musim berikutnya ketika kecelakaan pesawat menewaskan 8 dari pemain Manchester United saat berkunjung ke Jerman untuk laga Eropa. Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Liam Whelan adalah pemain yang tewas hari itu, pemain tersebut tidak akan pernah dilupakan.